Senin, 09 November 2015

4 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Bromo

pengunjung dan wisatawan Bromo

Saking tenarnya Bromo, maka sudah banyak yang menulis keindahannya, baik dari segi panoramanya maupun budayanya, memang tidak bisa di pungkiri, bahwa Bromo sampai saat ini menjadi magnet wisata bagi Propinsi Jawa Timur. Jangankan di saat weekend, di saat weekdays-pun Bromo seakan tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat upacara Kasodo maupun di hari hari libur nasional.

1. Bromo memiliki spot sunrise yang sangat cantik.

Sunrise di Bromo adalah spot yang paling diburu wisatawan, banyak sekali foto foto cantik sunrise Bromo beredar di dunia maya, baik oleh fotografer dalam negri maupun luar negri, semua sangat cantik dan sangat menarik. Bayangkan saat kita menyaksikan matahari beranjak terbit dengan latar belakang 3 puncak gunung, pasti akan sangat sulit untuk di lupakan.

Detik demi detik matahari perlahan menampakkan diri, di saat itu pula 3 puncak gunung seakan berlomba menyapa sang surya dengan kemolekan masing masing, yaa… Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru bersama berucap:
Selamat Pagi Dunia, Selamat Pagi Sang Surya… Mari kita mulai satu kehidupan baru lagi hari ini

2. Kawah Bromo ( Bowl of Earth )

Inilah keunikan Bromo, kita bisa menikmati keindahan kawahnya dari atas. Saat kita melongok ke bawah, maka kita seakan menyaksikan Mangkok Bumi ( Bowl of Earth ) yang sangat besar berdiameter sekitar 800 meter ( Utara-Selatan) dan sekitar 600 meter ( Barat-Timur ) yang senantiasa mengeluarkan asap belerang, kadang kadang nampak seperti gumpalan awan yang sangat tebal.

Karena Gunung Bromo juga dianggap sebagai Gunung yang Suci bagi Suku Tengger. Maka Di Kawah Bromo inilah biasanya Suku Tengger melemparkan sesaji di saat Perayaan Kasodo. Upacara Kasodo biasanya di adakan pada tengah malam hingga dini hari saat bulan purnama (tanggal 14 tau 15 bulan kesepuluh di penanggalan Jawa).

3. Lautan Pasir (Kaldera)

Lautan Pasir Bromo, hmmm rasanya tidak ada yang tidak kenal dengan istilah Lautan Pasir Bromo. Yaa ...Di kawasan Bromo terdapat hamparan pasir yang sangat luas, saking luasnya orang menyebutnya dengan istilah Lautan Pasir. Berdasarkan sejarah, lautan pasir ini terbentuk karena semburan abu vulkanik dari letusan gunung di masa lampau. Hamparan pasirnya sangat luas, dengan jajaran gunung gunung di tengahnya, sedangkan di bagian tepi Lautan Pasir Bromo di batasi oleh dinding-dinding yang terjal dengan kemiringan lebih kurang 60-80 derajat dan tingginya sekitar 200-600 meter.

Yang unik dari Lautan Pasir Bromo adalah, pada saat kita berada di Lautan Pasir ini, kemudian pada saat itu angin bertiup, maka kita seperti mendengar suara bisikan dari desiran pasir tersebut, karenanya Lautan Pasir ini juga di kenal dengan istilah Pasir Berbisik.

4. Padang Savannah (Bukit Teletubbies)

Padang Savannah ini terletak di sebelah Selatan dari Gunung Bromo, di tempat ini terhampar padang rumput yang amat luas di tumbuhi tanaman pakis, ilalang dan tanaman lavender, diselingi dengan gundukan bukit bukit yang berjajar-jajar sangat menyerupai perbukitan yang kita saksikan di film anak-anak Teletubbies, oleh karena itu tempat ini juga popular dengan sebutan Bukit Teletubbies.

Bagi pemburu spot foto yang menarik, jangan lewatkan Padang Savannah Bromo ini, karena banyak sekali landscape keren di sini, banyak juga pasangan yang melakukan foto-foto pre wedding di sini, Bromo memang cantik dan romantis.

Sekian dulu ulasan tentang keunikan Bromo yang jarang di temui di wilayah lain. Di kesempatan berikutnya akan kami ulas tentang destinasi wisata di sekitar Bromo yang juga tidak kalah menarik.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB