Selasa, 22 Maret 2016

Kawah Aktif Gunung Bromo

menuju kawah Bromo
Wisata ke kawah Bromo makin lama makin popular menjadi tujuan wisata menghabiskan masa liburan, baik oleh wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara, terbukti dengan pembangunan sarana dan prasarana menuju kawah Bromo terus mengalami kemajuan dan peningkatan.

Demikian juga masyarakat di disekitar kawasan Bromo, mereka juga merasakan imbas positif dari makin terkenalnya Kawah Bromo, kini sebagian dari mereka memiliki second job sebagai penyewa kuda, membuka homestay, menjual souvernir dan makanan, serta menjadi penyedia persewaan mobil dan motor.

Keunikan Kawah Bromo

kawah aktif gunung bromo
Kawah Bromo mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh kawah gunung yang lain, terletak di tengah kawah Tengger dengan hamparan lautan pasir yang mengelilingi. Kawah Bromo mempunyai garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat), sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Bila anda ingin melihat lebih dekat kawah Bromo dapat naik ke puncak Bromo, telah tersedia tangga dari beton. Dari puncak tampak kawah Bromo yang menganga lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya yang menandakan gunung ini masih aktif.

Coba anda menoleh ke arah belakang akan nampak keindahan panorama hamparan laut pasir yang luas berbatas dinding tebing yang sangat indah. Sementara itu dari puncak Bromo, anda seakan bisa menyentuh Gunung Batok yang berdiri kokoh di sebelah kanan anda.

Bila anda mengunjungi Kawah Bromo saat perayaan Kasada, suasana religius akan menyelimuti seluruh hamparan kawah, pemuka agama dan seluruh masyarakat suku Tengger dari 4 kabupaten berkumpul untuk berdoa bersama dan melemparkan sesaji berupa hasil bumi ke dalam perut kawah Bromo, sungguh mempesona dan memperkaya khasanah batin.

Menuju Kawah Bromo

Bila anda berangkat dari Kota Malang, rutenya Malang ~> Tumpang ~> Gubug Klakah ~> Ngadas ~> Jemplang ~> Kawah Bromo, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Bila anda mengendarai roda dua bisa parkir di dekat Kawah Bromo. Bila menggunakan roda empat sebaiknya parkir di Gubug Klakah dan berganti dengan Jeep Bromo menuju tempat parkir terdekat dengan Kawah Bromo.

Bila menggunakan angkutan umum, dari Malang naik angkot jurusan Tumpang, berhenti di Pasar Tumpang, dari Pasar Tumpang bisa di lanjutkan naik ojek ke Gubug Klakah, dari Gubug Klakah menyewa jeep untuk menuju Kawah Bromo.

Bila anda berangkat dari Probolinggo, rutenya Probolinggo ~> Tongas ~> Sukapura ~> Cemoro Lawang ~> Kawah Bromo, Bisa di tempuh dengan kendaraan roda empat sampai di Cemoro Lawang, selanjutnya di lanjutkan dengan Jeep atau motor ojek ke parkiran dekat kawah Bromo. Bila anda menggunakan angkutan umum, maka dari Probolinggo bisa naik Colt / Taxi/ Ojek sampai , Cemoro Lawang selanjutnya dari Cemoro Lawang bisa sewa jeep atau ojek ke kawah Bromo.

Bila Berangkat dari Pasuruan, rutenya :Pasuruan ~> Warungdowo ~> Tosari ~> Wonokitri ~> Dingklik ~> Laut Pasir ~> Kawah Bromo, Bila anda menggunakan kendaraan pribadi roda empat, bisa berganti jeep di wilayah Tosari sampai di tempat parkir jeep di dekat kawah Bromo, sedangkan bila anda menggunakan roda dua , anda bisa langsung parkir di dekat kawah. Sedangkan untuk pengguna kendaraan umum, bisa menggunakan taxi/ojek s/angkot sampai Tosari, berikutnya di sambung dengan jeep hingga ke kawah.

Tips menuju Kawah Bromo

Fisik harus fit, karena anda harus mendaki sampai puncak Gunung Bromo, persiapkan pakaian hangat seperti jaket, kerpus, syal, kaos tangan, kos kaki dan sepatu gunung yang nyaman. Untuk menghindari mata dan hidung dari serbuan pasir yang terbawa angin maka anda sebaiknya membawa kacamata dan masker. Air minum jadikan bekal utama anda, untuk snack dan minuman panas bisa anda dapatkan di warung-warung kecil dekat parkiran sekitar kawah.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB