Rabu, 23 Maret 2016

Pantai Bama, Pesona Sunrise di Baluran

sunrise cantik di pantai Bama
Bagi anda yang merindukan menikmati pantai dengan suasana yang damai, ombak yang tenang dengan pasir pantai berwarna putih di lengkapi dengan tumbuhan bakau di sekitarnya serta tersedia fasilitas akomodasi di bibir pantai , Pantai Bama adalah pilihan yang tepat.

Letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Banyuputih Situbondo dan Wongsorejo Banyuwangi, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama merupakan salah satu pantai kebanggan Propinsi Jawa Timur, keseimbangan ekosistem di jaga dengan baik oleh pihak pengelola. Kawasan hutan bakau juga nampak rimbun dan mempesona, ini di karenakan perawatan hutan bakau yang di lakukan secara kontinue.

Keindahan kawasan hutan bakau yang mempesona ini telah menjadi daya tarik Pantai Bama. Berbagai fasilitas untuk menikmati hutan ini juga tersedia, jembatan kayu di bangun di sepanjang kawasan hutan bakau menuju bibir pantai yang menjorok ke dalam, di mana anda bisa melihat bentangan laut Selat Bali yang luas dan menakjubkan, jalur jembatan ini d kenal dengan nama mangrove trail.

Aktivitas Wisata di Pantai Bama

pantai bama baluran
Berenang, Ombak yang tenang di pantai Bama memberi anda kesempatan untuk berenang di sana,sambil menikmati indahnya pasir putih yang membatasi pantai, di hiasi dengan bebatuan yang berjajar-jajar di tepi pantai, sungguh menakjubkan.

Snorkeling, Terumbu karang di bawah laut Pantai Bama terkenal keindahannya, air lautnya jernih, sehingga anda
bisa dengan mudah menikmati kecantikan alam bawah lautnya, termasuk ikan hias yang melengkapi keindahannya. Tersedia persewaan alat snorkel di sana.

Diving, di Pantai Bama memang masih belum sepopular diving di Bali, akan tetapi sebenarnya di Pantai Bama terdapat spot diving yang menarik di sepanjang 49 km garis pantai. Ng di sana. Belum tersedia persewaan alat diving di sana, maka sebaiknya anda menyiapkan sendiri.

Canoeing, Bagi anda yang ingin mengelilingi Pantai Bama, tersedia fasilitas persewaan canoe, dengan harga sewa Rp.25.000,-/jam anda bisa menyusuri garis pantai dan masuk ke dalam hutan bakau, bahkan bisa menjelajah pantai-pantai tersembunyi di sekitar kawasan pantai Bama.

Mangrove Trail, Terletak di sebelah selatan pantai Bama, Mangrove Trail adalah jalan diatas permukaan seperti jembatan/dermaga yang dibuat untuk melintasi hutan mangrove (bakau) . Dengan dermaga itu kita bisa mengamati berbagai jenis tanaman bakau dan burung-burung pantai yang melintas di atas hutan bakau.

Sampai diujung mangrove trail anda akan menjumpai Gazebo yang merupakan gardu pandang yang cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut selat Bali.

Camping, Walau tersedia cottage yang bisa di sewa untuk menginap di Pantai Bama, tidak ada salahnya anda mencoba mendirikan tenda di camping ground kawasan Pantai Bama, sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati sunrise di Pantai Bama.

Sunrise Bama, Karena Pantai Bama yang menghadap ke arah Timur Laut, maka sangat tepat untuk melihat sunrise. Bila cuaca cerah, anda bisa menyaksikan indahnya matahari yang perlahan-lahan terbit seolah olah muncul dari dalam laut, pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Fotografi, Banyak spot cantik di Pantai Bama yang bisa anda eksplorasi, mulai dari hutan bakau, pasir putih, samudra luas yang berbatas langit, sekawanan monyet yang lucu, burung-burung yang melintasi hutan bakau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara menuju Pantai Bama

Dari Banyuwangi menuju Pantai Bama bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk angkutan umum bisa menaiki bis yang menuju Situbondo dari terminal bis Ketapang dan turun di depan atau gapura masuk Taman Nasional Baluran, dari gerbang masuk Baluran anda bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke savanna bekol dan pantai Bama.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan, dari Kota Banyuwangi kearah Pelabuhan Ketapang, lalu dari ketapang mengambil arah Kabupaten Situbondo dan sampai anda menemukan gapura masuk ke Taman Nasional Baluran. Masuk ke Taman Nasional Baluran dan ikuti petunjuk jalan yang ada untuk sampai ke Savana Bekol dan Pantai Bama. Dalam perjalanan di dalam TN Baluran cobalah liat kanan kiri jika beruntung kita bisa melihat satwa-satwa liar seperti elang, rusa, merak, kerbau liar dan lainnya.

Fasilitas Yang Tersedia di Pantai Bama

Pantai Bama mempunyai beberapa fasilitas yang memudahkan anda menikmati liburan di sana, antara lain : penginapan, kantin, mushola, Tempat parkir yang luas dan toilet.

Informasi Harga dan Tarif Wisata di Taman Nasional Baluran dan Pantai Bama :

Wisatawan Mancanegara : Rp 150.000,00/orang (weekday), Rp.225.000,- (weekend)
Wisatawan Nusantara : Rp 5000,00/orang (weekday), Rp.7.500,- (weekend)
Kendaraan roda 4 : Rp 10.000,00/kendaraan (weekday), Rp.15.000,- (weekend)
Kendaraan roda 2 : Rp 5.000,00/kendaraan (weekday), Rp.7.500,- (weekend)
Ojek : Rp 30.000,00/sekali antar
Mobil : Rp 100.000,00/sekali antar
Pemandu : Rp 100.000,00 (satu trip sekitar 3 jam)
Pemandu Safari Malam : Rp 100.000,00/trip
Pemandu snorkling/diving : Rp 100.000,00/trip

Kegiatan Wisata :

Snorkling Mancanegara : Rp 40.000,00/ jam
Snorkling Nusantara : Rp 30.000,00/ jam
Canoing Mancanegara : Rp 35.000,00/ jam
Canoing Nusantara : Rp 25.000,00/ jam

Penginapan

Penginapan / Wisma ( tanpa Shower, tanpa AC) :
Wisma Rusa (Bekol) : Rp 50.000,00/orang/hari, jumlah kamar 7, daya tampung 12 orang
Wisma Merak (Bekol) : Rp 50.000,00/orang/hari, jumlah kamar 3, daya tampung 3
Wisma Banteng (Bekol) : Rp 350.000,00/hari (Bungalow),jumlah kamar 2, daya tampung 4 orang
Wisma Kapidada (Bama) : Rp 125.000,00/orang/hari, jumlah kamar 4, daya tampung 8 orang
Wisma Pilang (Bama) : Rp 500.000,00/hari (Bungalow) jumlah kamar 1, daya tampung 6
Extra Bed Rp.25.000,-

Listrik hanya tersedia dari jam 17.00 – 23.00, namun ada lampu solar cell di ruang tamu wisma sehingga tetap ada penerangan. Anda dapat men-charge handphone atau kamera di kantor/pos jaga atau di kafetaria. Jika anda ingin listrik menyala sepanjang malam, dikenakan tarif tambahan sebesar 150.000,00/malam. Makanan dan minuman tersedia di kafetaria Bama. Di Bama tidak ada sinyal telepon seluler, sinyal hanya sampai tower tengah (1,5 km dari Bekol ke Bama).

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB