Kamis, 03 Maret 2016

Pantai Gatra, Pesona Raja Ampatnya Jawa Timur


Pantai Gatra, adalah salah satu pantai cantik di kawasan Malang Selatan, terletak tidak jauh dari Pantai Clungup, kira-kira perjalanan 10 menit dari Pantai Clungup untuk menuju Pantai Gatra dengan melintasi Teluk Asmoro. Pantai Gatra dikelola dengan sangat baik oleh Bhakti Alam Sendang Biru, kebersihan pantai membuat pengunjung merasa nyaman, hampir bisa di pastikan kita tidak akan menemukan sampah di pantai ini, tour guide selalu membersihkan sampah senyampang mereka mendampingi kita menyusuri Pantai Gatra, suatu tindakan yang mulia, menyelamatkan alam dari pencemaran sampah akibat perbuatan manusia .

Potensi Wisata Pantai Gatra

Menuju ke Pantai Gatra, anda langsung mendapatkan beberapa manfaat, pertama anda merasakan petualangan darat, yaitu petualangan perjalanan darat dari pintu masuk di Pos Pantau sampai ke Pantai Clungup dengan menembus hutan bakau, perkebunan pisang, trekking ringan di jalan setapak yang kadang menanjak kadang menurun sejauh beberapa kilometer . Setelah mencapai Pantai Clungup, maka anda akan merasakan manfaat kedua yaitu petualangan air (susur pantai) dari Pantai Clungup menuju Pantai Gatra , dimana anda harus melewati Pantai Clungup berjalan di atas pasir pantai yang tentu menyediakan tantangan tersendiri, langkah demi langkah harus anda perhitungkan agar kaki tidak terlalu terperosok terlalu dalam di pasir pantai supaya tenaga tidak banyak terkuras di jalur ini , ada kalanya saat air pasang anda harus merelakan diri berbasah-basah untuk mencapai Pantai Gatra.

Menyenangkan bukan? Wisata yang sehat, pemandangan yang indah, kawasan yang bersih dan tertata rapi, pasti akan selalu lekat kesan yang anda dapatkan di Pantai Gatra.

Hutan Bakau Sendangbiru

Seperti halnya Pantai Clungup, Pantai Gatra juga termasuk kawasan konservasi mangrove, donasi sebesar Rp.6000,- yang anda bayarkan di Pos Pantau dimanfaatkan untuk memelihara keberlanjutan hutan bakau di Pantai Gatra dan sekitarnya. Pemantauan sangat ketat di lakukan di kawasan konservasi mangrove ini. Pintu masuk sengaja hanya di buka di satu tempat yaitu di Pos Pantau Pantai Clungup, dulu Pantai Gatra bisa di akses dari Pantai Goa China, sekarang tidak lagi. Kuota pengunjung juga diberlakukan di sini sebesar 100 orang pengunjung/hari. Dimaksudkan agar pantai tidak terlalu ramai dan ekosistem pantai tetap terjaga.

Aktivitas Wisata di Pantai Gatra

Berkemah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak keindahan yang disediakan oleh Pantai Gatra, bianglala yang merona jingga di saat menjelang matahari terbenam, suara deburan ombak Pantai Selatan , langit yang bertaburan bintang, pancaran sinar bulan menyatu membentuk kesempurnaan pesona Pantai Gatra.

Berkemah di Pantai Gatra, tidak akan membuat anda kerepotan harus menyiapkan tenda sendiri, Pihak pengelola Pantai menyediakan persewaan tenda dengan matrasnya, kapasitas tenda 5 orang/tenda.
Untuk urusan masak memasak, anda juga bisa melakukan aktivitas ini, akan tetapi anda tidak bisa sembarangan membuat api di wilayah Pantai Gatra. Tungku-tungku untuk memasak sudah dipersiapkan di sekitar kamar mandi lokasi kemah Pantai Gatra. Anda cukup menyiapkan alat dan bahan masakan.

Mengenal Kebijakan dan Peraturan Yang Berlaku di Pantai Gatra

Pantai Gatra, kebersihan dan kenyamanannya tidaklah di dapatkan begitu saja.Salah satunya adalah merupakan hasil perjuangan kelompok masyarakat dari Bhakti Alam Sendang Biru, mereka secara terus menerus dan dengan disiplin yang kuat melakukan pembersihan pantai, bak sampah di sediakan di sepanjang jalan menuju Pantai Gatra, juga guide lokal yang menyediakan “asbak berjalan” berupa potongan bambu yang di beri tali dan dibawa guide kemanapun berada.

Tindakan saja tidak cukup, tentu harus di barengi dengan peraturan yang di berlakukan untuk menjamin kebersihan pantai dari “kenakalan” wisatawan. Setiap wisatawan yang masuk harus mengisi formulir yang mendata bahan yang dibawa masuk ke lokasi Pantai Gatra yang akan menimbulkan potensi akan menjadi sampah, seperti misalnya mi instant, snack, minuman berbotol. Saat keluar masuk Pos Pantau, jumlah bahan berpotensi sampah harus sama, jika ada yang berbeda, anda akan di denda Rp.100.000,-/item. Mahal sekali, tetapi sangat efektif untuk menimbulkan efek jera membuang sampah sembarangan.

Pantai Gatra, adalah pantai dengan ombak yang ganas, karena Pantai Gatra merupakan Pantai di pesisir selatan pulau Jawa dan merupakan bagian dari Samudera Indonesia. Karena itu tidak diperbolehkan mandi di pantai ini. Anda cukup menyaksikan indahnya pantai saja, jangan mencoba menantang ganasnya ombak Pantai Gatra.

Bagaimana Cara menuju Pantai Gatra?

Dari Kota Malang, anda bisa ke Pantai Gatra dengan menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Yang penting bagi anda yg bukan warga kota Malang, titik keberangkatan adalah terminal Gadang, jadi jika anda berada di Terminal selain terminal Gadang, atau anda sedang di stasiun di kota Malang, maka langkah awalnya adalah : Menuju Terminal Gadang (anda bisa menuju terminal Gadang dengan naik angkot yang ada tulisan G - bisa LDG, AG, GA, AJG dll). Dari Terminal Gadang anda naik Bus Jurusan Turen, berhenti di Pasar Turen, di lanjutkan dengan naik Angkot ke Sendang Biru. Kalau anda suka, bisa juga anda naik ojek dari Pasar Turen menuju Sendang Biru.

Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Malang lewat Jalur Lingkar Selatan, anda ambil jurusan menuju TPI Sendang Biru, sesampai di gedung kantor Bank BRI Sendang Biru, akan nampak petunjuk arah menuju Pantai Gatra ( Pintu Masuk Pantai Gatra sama dengan Pintu masuk menuju Pantai Clungup dan Pantai Tiga Warna).

Berapa rupiah yang harus anda keluarkan untuk menikmati Pantai Gatra?

Transportasi : Gadang – Sendang Biru ( Rp. 20.000,- pakai angkot, Rp. 50.000 pakai ojek )
Donasi : Rp. 6.000,-/pax
Guide lokal : Rp.75.000,- / 10 orang
Kemah : Rp 25.000,-/tenda, kapasitas tenda 5 orang.
Sewa Area Camping : Rp.25.000,-/tenda

Harga makanan dan snack, masih sama dengan harga yang berlaku di daerah lain, artinya walau Sendang Biru adalah lokasi wisata, akan tetapi harga-harga bahan makanan/snack masih normal, tidak ada penggelembungan.

Tips menuju Pantai Gatra

Pastikan kondisi tubuh anda prima, jangan lupa membawa topi atau sunglasses, matahari sangat terik jadi untuk mengurangi kekeringan kulit jangan lupa oleskan sunblock atau pelembab. Bawa air putih yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi. Sediakan pakaian ganti secukupnya, karena siapa tau air laut sedang pasang sehingga anda harus menyusur air dengan kedalaman air setingi dada orang dewasa.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB