Jumat, 04 Maret 2016

Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan

Perbedaan Warna laut di Pantai Tiga Warna Sendang Biru Malang Selatan

Walau termasuk dalam jajaran pantai selatan, tetapi ombak di Pantai Tiga Warna relative tenang karena ombak pantai selatan yang ganas tidak langsung menuju Pantai Tiga Warna , akan tetapi terhalang oleh Pulau Sempu. Kita bebas menikmati pantai ini dengan sekedar duduk-duduk di tepi pantai, atau mandi berenang merasakan belaian ombak yang lembut atau melihat indahnya laut di kedalaman dengan snorkeling.
Asal usul sehingga pantai ini di beri nama Pantai Tiga Warna adalah, karena perbedaan kedalaman lautnya menyebabkan air di pantai ini mempunyai 3 warna yaitu Baby Blue, Tuqoise dan Biru Laut. Keindahan warna-warni air laut ini makin sempurna karena di padukan dengan pasir pantai yang berwarna putih .
Pantai Tiga Warna mempunyai pemandangan bawah laut yang indah, terumbu karang di pantai ini di sebut sebut sebagai spot snorkeling terbaik di Malang. Tidak mengherankan jika Pantai Tiga Warna langsung menjadi hits di antara pantai-pantai lainnya di Malang Selatan, walaupun sebenarnya pantai ini termasuk pantai termuda masa pembukaannya bagi wisatawan, yaitu baru pada pertengahan tahun 2014.
Snorkeling /selam permukaan/selam dangkal adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel, selain itu penyelam sering menggunakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Prosedure Bila Anda Ingin Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna termasuk dalam kawasan rehabilitasi dan konservasi terumbu karang dan juga termasuk dalam kawasan hutan lindung Desa Tambak Rejo Kabupaten Malang, di kelola secara bersama antara Pokwasmas, Mangrove Consevation Bhakti Alam Sendang Biru dan Perum Perhutani. Untuk itu kita harus memahami dulu, bahwa kawasan pariwisata yang kita tuju ini adalah kawasan yang dilindungi dan di jaga keseimbangan ekosistemnya.

Pihak pengelola membuka kawasan yang di lindungi ini menjadi kawasan wisata bukan semata-mata bertujuan komersil, akan tetapi mereka lebih mengutamakan edukasi bagi pengunjung untuk melihat langsung bagaimana cara memperlakukan alam dengan adil dan benar.
Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah ( fungsinya adalah alat untuk membantu pernafasan di dalam air)
Karena itu, beberapa kebijakan di berlakukan di Pantai Tiga Warna, untuk menjaga kelestarian alam pantai. Pertama, anda harus melakukan reservasi paling cepat 2 minggu sebelum anda melakukan trip ke sana.

Bagaimana cara reservasinya ? Media reservasi bisa online atapun melalui sms, dengan menanyakan terlebih dahulu kepada pihak pengelola masih adakah kuota untuk tanggal yag anda inginkan, laporkan juga jumlah pengunjung dalam rombongan anda . Reservasi online bisa inbox melalui akun Facebook Bhakti Alam Sendang Biru. Sms di nomer 0821-3267-7713 (jam kerja), Call di nomer 0812-3333-9889 (jam kerja).

Untuk di ketahui, pemberlakuan kuota pengunjung adalah 100 orang/hari. Karena itu anda harus bersabar jika pada saat anda melakukan reservasi ternyata kuota sudah terpenuhi sampai 6 bulan ke depan. Dan anda juga jangan mencoba untuk membujuk pihak pengelola agar bisa di beri prioritas ( atau istilahnya memaksa) untuk masuk jika kuota sudah tidak ada untuk anda, mereka akan dengan tegas menolak, karena mereka sangat mencintai lingkungan pantai yang sudah mereka perjuangkan bertahun-tahun agar tetap terjaga kelestariannya.

Kebijakan kedua adalah registrasi di Pos Pantau.

Memasuki Pos Pantau di Pantai Clungup, anda di wajibkan untuk mengisi formulir yang berisi data tentang barang yang akan anda bawa masuk ke kawasan pantai, di catat satu per satu barang yang berpotensi menjadi sampah seperti snack, mie instan, minuman kemasan dan lain-lain. Pada saat anda selesai berkunjung dan kembali melewati pos pantau, maka akan di cek lagi daftar bawaan anda, jika terjadi indikasi bahwa anda telah meninggalkan sampah di pantai, maka berlaku denda Rp.100.000/item.

Perjalanan Panjang Menuju Pantai Tiga Warna

Kami sarankan bila ingin snorkeling di Pantai Tiga Warna sebaiknya anda sudah berada di dekat kawasan ini 1 hari sebelumnya, bermalam di sana sesuai pilihan anda, menginap di homestay di kawasan Sendang Biru atau camping di Pantai Gatra. Mengapa? Karena jika anda mendadak berangkat dari Malang membutuhkanwaktu yang lama (2-3 jam) untuk sampai di Sendang Biru, belum lagi trekking dari pintu masuk pantai menuju Pantai Tiga Warna membutuhkan waktu kira-kira 2 jam, hari akan keburu sore, padahal kita ketahui bahwa snorkeling sangat tergantung pada cahaya matahari, kalau hari sudah gelap anda tidak bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Tiga Warna.

Bila anda camping di kawasan Pantai Gatra, perjalanan menuju Pantai Tiga Warna bisa anda mulai sekitar pukul 06.30, menyusuri bukit yang berbatas laut dan langit. Ada beberapa pantai yang akan anda lewati untuk mencapai Pantai Tiga Warna, yaitu Pantai Mini, Pantai Savana, Pantai Watu Pecah sampai akhirnya tujuan utama Pantai Tiga Warna . Persiapan fisik harus diperhatikan, medan yang dilalui lumayan menguras tenaga, jalan setapak berbatu-batu, kadang licin saat musim penghujan.

Pantai Mini, Pantai Savana dan Pantai Watu Pecah ombaknya khas ombak pantai selatan, ganas . Anda sebaiknya cukup menikmati keindahannya saja, jangan melakukan aktivitas air di sana, sangat tidak dianjurkan karena bisa saja tiba-tiba ombak datang menggulung pantai.

Aktivitas di Pantai Tiga Warna

Memasuki Pantai Tiga Warna, anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa, ombak yang tenang, pinggir pantai di batasi tebing dengan karang yang seakan terukir indah, hutan bakau yang rimbun dan hijau, air laut yang berwarna warni, pasir putih yang menghampar, sungguh memanjakan mata anda, melepaskan penat di jiwa yang mendambakan kedamaian dan keheningan.

Setelah puas menikmati keindahan alam, anda bisa hunting foto di sana, banyak sekali spot cantik yang bisa anda abadikan melalui foto ataupun video. Anda juga bisa memuaskan hobby berenang anda di sana, atau bisa snorkeling. Pengelola menyediakan alat snorkeling yang bisa anda sewa.

Anda di beri waktu 2 jam untuk snorkeling, selanjutnya harus segera beganti dengan kelompok lain. Di Pantai Tiga Warna tidak ada fasilitas kamar mandi, oleh karena itu anda harus menuju Pantai Gatra untuk membilas badan dan berganti pakaian.
Bawalah bekal air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Rute Perjalanan dari Malang ke Pantai Tiga Warna

Dari Malang terminal Gadang, naik Bus menuju Turen dilanjutkan denga Angkot atau Ojek menuju TPI Sendang Biru. Kira-kira 200 meter sebelum TPI Sendang Biru anda akan menjumpai papan petunjuk menuju Pantai Clungup, ikuti arah tanda tersebut, selang beberapa saat anda akan bertemu dengan Pos Pantau Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna, silahkan lakukan registrasi disana, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Mini, Pantai Savana, Pantai Watu Pecah dan akhirnya sampai di Pantai Tiga Warna.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, anda gunakan Jalur Lingkar Selatan, menuju arah TPI Sendang Biru, kendaraan anda parkir di rumah penduduk, dan masuk ke Pantai Clungup dngan mengikuti arah yang di tunjuk oleh papan petunjuk yang ada.

Informasi Harga dan Biaya di Pantai Tiga Warna

Transportasi Malang-Sendang Biru: Rp 20.000 – Rp 50.000
Donasi: Rp 6000,-/orang
Guide Lokal: Rp. 75.000,-/10 orang
Sewa Tenda: Rp. 25.000,-/tenda + matras kapasitas 5 orang
Sewa Camp: Rp. 25.000,-/tenda
Sewa peralatan snorkeling: Rp.15.000,- ( pelampung, snorkel dan kacamata )

Tidak terlalu mahal kan, yang penting anda persiapkan fisik dan perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman, obat-obatan ringan, alat pelindung seperti sunglasses, topi pantai, sunblock, pelembab dan yang paling penting jangan lupa kamera, buat mengabadikan keindahan Pantai Tiga Warna.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB