Senin, 14 Maret 2016

Taman Nasional Baluran, Secuil Afrika di Pulau Jawa

savana bekol litte africa
Bagi anda yang ingin melihat berbagai macam tipe hutan dalam satu kawasan, datanglah ke Taman Nasional Baluran. Beberapa tipe hutan yang mewakili ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa ada di sini , diantaranya ada Hutan Savana, Hutan Mangrove, Hutan Musim, Hutan Pantai, Hutan Pegunungan Bawah, Hutan Rawa dan Hutan Yang Selalu Hijau (Evergreen).

Terdapat 444 jenis tumbuhan yang ada di Baluran, beberapa jenis adalah tumbuhan yang sudah langka, khas dan menarik, 26 jenis hewan mamalia juga menghuni Baluran, Banteng adalah hewan yang dipilih untuk menjadi Maskot Baluran. Sedangkan kekayaan unggas Baluran juga tidak kalah menarik, sekitar 155 jenis burung, diantaranya sudah langka seperti burung layang-layang api, merak , ayam hutan merah terdapat di sini.

Luas Taman Nasional Baluran adalah 25.000 hektar, di kelola oleh Departemen Kehutanan terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55'17.76"S dan 114°23'15.27"E.

Taman Nasional Baluran dibagi menjadi beberapa pos pengamatan

savana bekol dilihat dari pos menara pengamatan
Di Batangan yang merupakan tempat terdekat dengan pintu masuk Taman Nasional Baluran terdapat peninggalan sejarah berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi tarian burung merak pada musim kawin (antara bulan Oktober/November) dan bumi perkemahan. Pos pengamatan Batangan merupakan pusat informasi bagi pengunjung.

Bekol dan Semiang merupakan tempat yang tepat untuk pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Tersedia fasilitas wisma peneliti, wisma tamu, dan menara pandang.

Bama, Balanan, dan Bilik, Merupakan lokasi wisata bahari, menyelam / snorkeling, dan atraksi perkelahian antar rusa jantan ( pada bulan Juli / Agustus ) dan atraksi kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting / rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.

Manting, dan Air Kacip, Di sini terdapat sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, dan merupakan habitat macan tutul.

Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo, Tersedia sampan untuk mengarungi laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, dan lokasi pengamatan burung migran.

Curah Tangis, Di sini terdapat fasilitas untuk kegiatan panjat tebing dengan tinggi 10-30 meter, dan kemiringan sampai 85%.

Aktivitas Wisata di Taman Nasional Baluran

gunung baluran
Hiking,Didampingi ranger dari petugas Taman Nasional Baluran, pengunjung bisa mendaki Gunung Baluran dengan ketinggian 1247 mdpl. Selain itu pengunjung juga bisa menyusuri kaldera dengan panjang sekitar 600 meter menuju sumber air Kacip yang selalu mengalir sepanjang tahun.

Trekking, Anda bisa menjelajah menyusuri hutan melewati berbagai tipe vegetasi sambil mengamati keragaman jenis flora dan fauna di Taman Nasional Baluran. Terdapat dua jalur tracking yang berada di Savana Bekol dan Pantai Bama. Tak jauh dari Pantai Bama juga terdapat jalur tracking di hutan mangrove. Anda bisa menyusuri hutan mangrove dari atas jembatan kayu yang memanjang hingga ke tepi pantai.

Birdwatching,Taman Nasional Baluran memiliki tingkat keragaman burung yang sangat tinggi, yaitu sekitar 180 jenis burung. Hal ini menjadikan Taman Nasional Baluran sebagai salah satu tempat terbaik bagi para pengamat burung.

Fotografi Alam Bebas, Kondisi hutan Baluran yang masih alami, luasnya padang savana, dan kehidupan liar dengan perilaku bermacam satwa di dalamnya menjadikan Baluran sebagai tempat yang cocok bagi para penggemar fotografi, terutama fotografi landscape, satwa, dan petualangan.

monyet jawa di taman nasional baluran
Pengamatan Satwa, Terdapat dua Menara Pandang di bagian utara dan timur Savana Bekol. Dari menara ini pengunjung bisa menyaksikan panorama Bekol dan Bama. Tempat ini juga dilengkapi teropong pandang untuk mengamati berbagai satwa di sekitar Bekol. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas pengamatan satwa adalah pagi dan sore hari. Pada waktu-waktu tersebut bermacam satwa seperti rusa, kerbau jawa, monyet, merak, dan berbagai jenis burung berkumpul di beberapa titik mata air yang terdapat di tengah-tengah padang rumput.

Snorkeling dan Canoeing, Pantai Bama yang terletak di sisi timur Baluran memiliki beberapa spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang di area ini masih alami dan belum banyak yang rusak. Snorkeling di Pantai Bama harus memperhatikan kondisi cuaca, ombak, dan arus laut. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling di Pantai Bama. Tersedia juga persewaan Canoe yang bisa anda gunakan untuk mengarungi laut yang tenang.

Safari Malam, Kalau cuaca sedang bagus, anda bisa mencoba untuk safari di malam hari, merasakan sensasi tersendiri menjelajah Bekol di malam hari, bila anda beruntung bisa menyaksikan sorot mata tajam mamalia di malam hari sambil menikmati langit yang bertabur bintang dan bermandikan cahaya bulan.

Akses menuju Taman Nasional Baluran

Untuk mencapai Baluran ternyata cukup mudah, karena letaknya masih di pesisir pantai utara pulau Jawa, sehingga jika Anda ingin menuju ke sana cukup ikuti jalur ke Banyuwangi atau Denpasar, Anda pasti melalui pintu masuknya (S7.92150 E114.38762).

Tips Wisata ke Taman Nasional Baluran

kerba-kerbau liar
Untuk kenyamanan dan kelengkapan dokumentasi perjalanan anda, maka pastikan anda membawa kamera lensa panjang dan kamera underwater, topi dan sunblock untuk melindungi dari terik matahari pantai dan padang savanna, lotion anti nyamuk, flash light atau head lamp,dan sunglasses.

Informasi yang tak kalah penting

Saat kunjungan paling bagus agar bisa menyaksikan padang savanna yang mongering bak di Afrika adalah di bulan Agustus-September, di akhir musim kemarau.

Harga tiket masuk Rp.20.000,-
Kendaraan Roda Dua : Rp. 3.000,-
Kendaraan Roda Empat : 6.000,-
Penginapan di Bekol : Rp. 35.000 – Rp. 50.000/ orang
Penginapan di Pantai Bama : Rp. 75.000/orang
Bungalow di Pantai Bama : Rp. 300.000,-
Extra Bed : Rp. 25.000,-

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB