Jumat, 01 April 2016

Paralayang di Gunung Banyak Kota Batu

wisata paralayang batu
Keberadaan wisata paralayang di Kota Batu Malang merupakan kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Jawa Timur, terutama bagi pecinta olah raga / wisata ekstrim, jika dulu mereka hanya bisa menyaksikan paralayang dari TV atau internet, sekarang mereka tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mencoba olah raga ini.
Paralayang adalah olah raga terbang bebas dengan menggunakan parasut yang lepas landas dengan menggunakan kaki, dari lereng gunung dengan memanfaatkan angin
Dulu kegiatan ini hanya di tujukan bagi atlit-atlit olah raga dirgantara, seiring dengan perkembangan jaman, paralayang menjadi kegiatan wisata.

wisata petualangan di batu
Kota Batu dari sudut pandang Mata Elang, dengan aktivitas paralayang anda bisa menikmati keindahan Kota Wisata Batu dari ketinggian.
Wisata paralayang ini terletak di wilayah Gunung Banyak,sebelah barat laut Kota Batu berbatasan dengan Pujon. Mengacu pada hasil survey team PON XV Gunung Banyak di tetapkan sebagai tempat paralayang terbaik di Jawa Timur bahkan Indonesia, karena ketinggian puncak ( 1.350 m dpl), ketinggian lereng 340 meter, jarak sampai ke tempat landing (1300 meter) angin yang bertiup cukup kencang tapi stabil, semua unsur itu memenuhi syarat ideal tempat paralayang yang baik.

Tempat pariwisata paralayang ini di resmikan pada tahun 2000, dan sejak itu sering di gunakan untuk even kompetisi olahraga dirgantara baik secara lokal maupun nasional.

Meloncat dari Puncak Gunung Banyak, Batu

panorama pagi di kota batu dipuncak gunung banyak
Sunrise Gunung Banyak,  datanglah ke puncak gunung Banyak sebelum pagi, sambil menunggu saat mentari pagi mulai aktif menyinari permukaan kota Batu
Wilayah Gunung Banyak adalah termasuk kawasan hutan lindung yang di kelola oleh Kantor Pemangku Hutan Pujon. Pohon yang banyak terdapat di sana adalah pohon Pinus dan Eukalibus, satwa yang sering dijumpai adalah burung elang dan ayam hutan.

Kondisi Gunung Banyak yang didukung dengan punggung bukit yang memanjang, memungkinkan untuk di lakukan semua jenis terbang paralayang, lokasi meluncur di puncak gunung cukup luas untuk persiapan terbang, di dukung oleh angin yang stabil, membuat Federasi Aerosport Indonesia (FASI) dan Federation Aeronautique Internationale (FAI) menilai bahwa lokasi di Gunung Banyak paling layak untuk menggelar pertandingan paralayang tingkat dunia.

Akses Menuju Gunung Banyak

di puncak gunung banyak batu
Lokasi wana wisata Gunung Banyak bisa di akses dari Kota Batu dan Pujon Kabupaten Malang. Kondisi jalan mulus dan lancar, kendaraan roda empat dan roda dua bisa parkir di lokasi. Sepanjang jalan menuju lokasi anda akan di suguhi pemandangan indah perbukitan dan jajaran pohon pinus yang cantik.

Sampai di lokasi paralayang, anda akan dibuat takjub dengan pemandangan indahnya Kota Batu dari ketinggian, saat memandang ke arah selatan tampak Gunung Panderman dan Gunung Kawi, jika anda lanjutkan menoleh ke utara nampak Gunung Biru dan Gunung Welirang. Sedangkan pemandangan dari arah barat terdapat Gunung Dorowati dan Gunung Argowayang.

panorama kota wisata batu dari ketinggian
Panorama keindahan ini akan nampak makin cantik saat malam hari, kerlip lampu kota berpadu dengan kerlip bintang dan sinar bulan, di tambah lagi syahdunya suasana gunung di malam hari. Keindahan ini telah tersohor, terutama bagi keluarga dan muda mudi, maka tidak mengherankan jika cuaca sedang cerah saat Sabtu malam Minggu Gunung Banyak seakan tidak tidur, karena sangat ramai pengunjung yang ingin melewatkan malam panjang di sana. Bahkan bila cuaca cerah, anda masih akan dimanjakan lagi dengan pemandangan sunrise yang sangat menawan.

melayang diatas kota wisata batu
Kini paralayang sudah bisa dinikmati oleh semua orang, baik orang awam maupun professional. Anda tidak perlu ragu untuk mencoba, karena saat terbang di dampingi oleh pemandu yang trampil dan bersertifikat. Tiket yang dikenakan berkisar antara Rp.350.000,- sampai Rp.600.000,-.

Setelah tiket di tangan anda, kemudian mengantri giliran untuk terbang. Pemandu akan mempersiapkan memasang parachute dan perlengkapannya, setelah semua siap anda akan di pandu menjelajahi Kota Batu dari ketinggian.

Tips Wisata Paralayang

terbang diatas kota wisata batu
Karena termasuk wisata/olah raga ekstrim maka perlu persiapan fisik dan mental yang prima. Jangan lupa kamera dan tongsis untuk mengabadikan pengalaman seru anda terbang tinggi di langit Kota Batu.

Usahakan datang pagi hari, karena lokasinya di pegunungan, biasanya akan timbul kabut setelah tengah hari, hal ini akan menghalangi pandangan anda untuk menikmati pemandangan di sekitar anda.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB