Senin, 28 Maret 2016

River Tubing Ledok Amprong

River tubing Ledok Amprong
Kota Malang semakin lengkap saja aktivitas wisata yang di tawarkan. Ada wisata gunung, wisata pantai, wisata coban, citytour, wisata sejarah dan lain-lain. Kali ini kami akan mengajak anda melihat potensi wisata susur sungai di Kota Malang.

Adalah suatu daerah di lereng gunung Semeru di Kecamatan Poncokusumo yang bernama Desa Gubug Klakah. Disana mengalir Sungai Amprong yang merupakan bagian hulu dari wilayah DAS Brantas . Aliran hulu Sungai Amprong cukup deras yaitu mencapai 10 sampai 30 kilometer perjam. Pemandangan di sekitar sungai sangat indah, di batasi dengan tebing dari komplek perbukitan Tengger Semeru berdampingan dengan kebun milik masyarakat sekitar.

Potensi ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat bekerjasama dengan Perhutani untuk membuka kawasan wisata adventure yaitu River Tubing pada akhir tahun 2014. River Tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet dan menghanyutkan diri mengikuti aliran arus sungai. Pada dasarnya kegiatan ini aman di lakukan oleh setiap orang asalkan memenuhi syarat standart yaitu : tubuh dalam kondisi fit, tidak mempunyai cedera yang serius, tidak mudah panic , tetap tenang walau mungkin anda terlepas dari ban karet akibat benturan arus deras , ini adalah hal biasa dalam kegiatan river tubing.

Fasilitas Wisata River Tubing Ledok Amprong Malang

river tubing amprong
Dengan membayar tiket masuk sebesar R.5000,- anda bisa melihat –lihat pemandangan yang indah disepanjang aliran Sungai Amprong, atau bisa bermain air di pinggiran sungai yang jernih, tidak perlu takut andai badan basah, karena tersedia toilet dan kamar mandi untuk membersihkan badan. Ada juga gazebo untuk tempat ngobrol, jika lapar dan haus menyerang anda tinggal order makanan dan minuman di warung yang tersedia di dalam lokasi. Ada Mushola di dekat pintu masuk . Tempat parkir juga tersedia.

Bila anda tertantang untuk menikmati derasnya aliran Sungai Amprong, cobalah menyusuri sungainya dengan ban karet ( river tubing), semua fasilitas tersedia di sana, ada rompi pelampung, helm dan ban karet. Tarifnya berkisar 40 ribu sampai 120 ribu, tergantung jarak tempuhnya. Anda tidak pelu khawatir dengan safety, sebelum anda melakukan aktivitas ini ada briefing dan selama dalam perjalanan menyusuri sungai anda juga di dampingi pemandu yang sekaligus sebagai safety guard.

Akses menuju Ledok Amprong

Dari Kota Malang menuju ke arah Tumpang, dari Tumpang di lanjutkan menuju Desa Gubug Klakah. Dari Gubug Klakah menuju basecamp river tubing masih harus ditempuh sejauh 2 km lagi. Jalanan menuju basecamp masih sulit berupa macadam, berkelok dan menurun tajam. Karena base camp Ledok Amprong terletak di kawasan cekungan tanah yang rendah.

Dari Gubug Klakah menuju basecamp Ledok Amprong hanya bisa ditempuh dengan jeep, motor atau jalan kaki. Bila anda mengendarai kendaraan pribadi roda empat, sebaiknya anda parkir di Desa Gubug Klakah dan berganti jeep menuju basecamp tubing Ledok Amprong.

Begini Cara menikmati Sungai Amprong Dengan Tubing

Setelah membayar tiket di pintu masuk, silahkan parkir motor anda di tempat yang sudah di sediakan yaitu di sebelah kiri dari loket karcis. Selanjutnya menuju kantor operator tubing untuk mendaftar dan membayar biaya river tubing, untuk Trip 1 ( jarak tempuh 2,5 km, durasi 2 jam, free makan 1 kali, kopi) harga Rp.140.000,- ; Trip 2 ( jarak tempuh 1 km, durasi 1 jam, free kopi) harga Rp.80.000,- ; Trip 3 ( jarak 700 meter, waktu 10 menit) harga Rp.50.000,-.

Setelah registrasi selesai, anda akan di persilahkan untuk mengenakan kelengkapan tubing, seperti rompi pelampung, helm dll. Berikutnya adalah briefing oleh pemandu wisata, materi briefing adalah apa yang boleh dan tidak boleh anda lakukan selama mengarungi sungai dengan ban karet, seperti misalnya anda harus dalam posisi duduk saat berada di atas ban, tidak di perbolehkan untuk terlentang, cara mengendalikan ban dan lain-lain.

Setelah briefing selesai, anda akan di pandu menuju titik start, karena basecamp itu berada di titik finish. Bagi yang memilih Trip 1 akan ada ojek yang mengantar anda menuju titik start, sedang untuk trip2 dan trip 3 cukup berjalan kaki menuju titik start.

Dalam mengarungi sungai dengan ban karet, setiap peserta akan di pandu oleh dua orang, satu di depan dan 1 di belakang, jika melintasi sungai yang dalam dan jeramnya deras, maka pemandu akan berhenti dan mengawal anda. Jadi jangan ragu dengan keselamatan saat berpetualang di sana.

Tips wisata river tubing Ledok Amprong

Kalau anda naik motor, pastikan kondisi motor oke ya, karena jalan curam dan licin serta berbatuan. Persiapkan beberapa pakaian ganti, usahakan sudah melakukan pemanasan sebelum nyebur ke dalam sungai untuk memberi kesempatan kepada tubuh beradaptasi dengan suhu air .

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Bromo | info@explorebromo.com | supprort by MONSTER.WEB