Rabu, 03 April 2019

Air Terjun Tumpak Sewu, Ini dia Niagaranya Indonesia

air terjun tumpak sewu atau coban sewu
Mendadak muncul Niagara Indonesia yang lokasi persisnya ada di Jawa Timur, tiba-tiba langsung nge-hits dan foto-fotonya bertebaran di sosial media menjadi bintang baru yang layak dikunjungi selain Gunung Bromo. Serpihan surga itu memang ada, begitu yang tertulis sebelum Explorer memasuki kawasan Coban Sewu, tapi banyak hal-hal baru disekitarnya yang bisa di explore selain Tumpak Sewu salah satunya menyatukannya dengan Golden Sunrise Gunung Bromo.. tertarik? Jangan lewatkan hal penting berikut sebelum berangkat ke Coban Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu.
Tumpak Sewu, atau juga disebut dengan Coban Sewu adalah air terjun yang terindah di pulau Jawa dan Indonesia. Tercurah dari seribu mata air membentuk formasi unik melebar dan membentuk layaknya tirai sehingga dikategorikan air terjun tipe Tiered. Air terjun dengan ketinggian ± 120 meter ini berada di lembah curam memanjang pada elevasi 500 meter diatas permukaan laut. Berhulu dari Gunung Semeru dan membentuk aliran sungai Glidih Lumajang

1# Air Terjun Tumpak Sewu di Perbatasan Kota Malang dan Lumajang

Coban Sewu atau Coban Gerojokan Sewu, secara administratif lokasinya berada di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang atau Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Satu lokasi Air terjun yang berada di dua alamat berbeda, karena letaknya memang di wilayah perbatasan dua Kabupaten, Malang dan Lumajang. Tak heran sempat beberapa waktu kedua kota ini saling memperebutkan pengelolaan Air Terjun Tumpak Sewu sebagai sumber pendapatan daerahnya masing-masing dalam bidang Pariwisata.

BACA JUGA: Akhirnya Malang dan Lumajang Berdamai soal Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu diantara lumajang dan malang
Air Terjun Tumpak Sewu, Yang menjadi perhatian utama bagi pemerintah daerah Malang dan Lumajang adalah cara menciptakan manfaat ekonomi yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Air Terjun Tumpak Sewu/Coban Sewu/Gerojokan Sewu

Lokasi Malang: Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang
Lokasi Lumajang: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
Jam Operasi: 08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

open trip bromo puncak B29/P30 dan tumpak sewu

2# Tumpak Sewu, Air Terjun Terindah di Indonesia

Bukan tanpa sebab sehingga Coban Sewu di Lumajang dan Malang ini bisa menempati posisi paling atas (menurut wikipedia) dengan penilaian keindahannya, berjajar dengan kategori air terjun lainnya di Indonesia. Air terjun Tumpak Sewu di kategorikan sebagai air terjun dengan tipe Tiered (berjenjang), dengan curahan airnya yang berderet-deret dan berjenjang atau menetes dengan serangkaian langkah atau bertahap.
Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.
foto aerial air terjun tumpak sewu
Coban Sewu, air terjun terindah di Indonesia. [sumber photo: flickr.com/Timon Peskin]

Beberapa Air Terjun Besar di Indonesia

Air Terjun Sigura-Gura, air terjun tertinggi di Indonesia
Air Terjun Tumpak Sewu, air terjun terindah di Indonesia
Air Terjun Penimbungan, air terjun di elevasi tertinggi di Indonesia
Air Terjun Melanggar, air terjun terlebar di Indonesia
Air Terjun Curug Nangga , air terjun bertingkat tertinggi di Indonesia
sumber: wikipedia

3# Landscape Photografi dan "Pantang Tak Top" dengan Selfie

Perjuangan menuju Air Terjun Tumpak Sewu memang tidak bisa dibilang mudah, sedikit perlu energi dan keringat untuk bisa mencapai di lokasi ini. Tapi ada garansi jaminan mutu begitu Anda sampai di pandangan mata pertama, semua akan terbayar lunas.

air terjun tumpak sewu dan latar puncak Mahameru Gunung Semeru
Air Terjun dan Puncak Mahameru, Gunung Semeru. Lukisan alam kreasi Sang Maha Agung [by flickr.com/kiyyo2011]
Tidak hanya berlaku bagi para photografer profesional dengan kecanggihan peralatan pembidiknya, pengguna sosial media aktif dengan modal kamera hp pasti tergerak berpose dibalik kemegahannya. Saat yang tepat untuk expose diri dan populer bareng Air Terjun Tumpak Sewu, kamu tambah jadi lebih ngehits dimulai dari saat ini di balik guyuran air Coban Sewu yang deras..

4# Tumpak Sewu, Gandeng Trip Dengan Bromo dari Puncak B29/P30

Trip Satu Hari Bromo dari Puncak B29/P30 dan Coban Sewu, Explorer.. sayang banget kalo udah jauh-jauh dari Surabaya atau Malang hanya dapat 1 (satu) spot atau destinasi di Lumajang ini. Kamu bisa menjadikan satu paket wisata bareng Bromo Midnight, mengejar keindahan golden sunrise dari puncak tertinggi di Puncak Songolikur atau Populer dengan nama Puncak B29 dan P30 (2.900 mdpl). Berangkat dari kota Surabaya terjadwal setiap bulan tengah malam dan kembali lagi ke kota yang sama pada sore esok harinya. Silahkan klik banner dibawah ini untuk informasi detailnya..

open trip bromo puncak B29/P30 dan tumpak sewu

open trip Bromo B29/p30 dan Air Terjun Tumpak Sewu
Open Trip Bromo B29/P30 dan Air Terjun Tumpak Sewu, terjadwal setiap bulan berangkat dari Surabaya
Open Trip Bromo B29 - Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Puncak B29, negeri diatas awan Lumajang. Anda akan kami ajak untuk melihat Bromo dari sisi yang berbeda, dari Puncak Songolikur di ketinggian 2.900 mdpl atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan Puncak B29 di Lumajang. Tidak cukup satu spot unik, Coban sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu juga jadi target kunjungan berikutnya, disebut sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia.

5# Jangan Lewatkan Hanya Dengan Menyeberang ke Goa Tetes

Goa Tetes Pronojiwo Lumajang, sekali kunjungan Explorer akan mendapatkan dua spot unik di Goa Tetes. Wisata air terjun sekaligus wisata karst atau goa yang terbentuk secara alami oleh alam karena proses batuan dengan air. Lokasi Goa Tetes persis tersembunyi di balik air terjun, rembesan air terjun mengalir memasuki mulut gua dan merembes diantara dinding-dinding gua, proses inilah yang menjadikan latar belakang penamaan Goa Tetes.

goa tetes wisata air terjun dan goa karst di lumajang

6# Video Trip Bromo dan Tumpak Sewu


*untuk bisa melakukan perjalanan dari Kawah Bromo dan Air Terjun Madakaripura, kami menyediakan paket wisata private trip

7# Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu

Jalur yang sering dilalui menuju Coban Sewu atau air terjun Tumpak Sewu adalah dari kota Malang, dengan perkiraan menempuh waktu sekitar ± 2 jam perjalanan melintasi tiga kecamatan, Bululawang - Dampit - Tirtomoyo dan berakhir di kecamatan Pronojiwo ditambah jalan kaki 200 meter menuju pintu gerbang air terjun Tumpak Sewu. Dari kota Probolinggo, Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam 40 menit dan jika start dari Kota Jember, waktu tempuhnya sekitar 3 jam berkendara dengan jarak kurang lebih 114,7 km.

Judul: Air Terjun Tumpak Sewu, Ini dia Niagaranya Indonesia; Ditulis oleh GO! Explore; Rating: 4.9 dari 5
open trip gili labak madura

Posting Komentar