Rabu, 03 April 2019

Puncak B29 dan P30, Negeri Diatas Awan Gunung Bromo

puncak B29 atau Puncak Songolikur di Lumajang
Sudah pernah ke Bromo dan menyaksikan Golden Sunrise Gunung Bromo?, tunggu dulu!. Jika tripod kamera di pasang diatas puncak Pananjakan, itu semua orang juga sudah lakukan dari sejak zaman dulu kala. Jika memang Explorer pengen beda dengan gambar Bromo yang sudah beredar meluas, anti mainstream coba datang kesini, puncak tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk menyaksikan seluruh isi Kaldera Gunung Bromo, dari ketinggian 2.900 dan 3.000 mdpl.
Puncak Songolikur (2.900 mdpl), bahasa Jawa yang artinya Puncak Dua Sembilan yang kini lebih populer dengan sebutan Puncak B29. Sisi lain menikmati terbitnya matahari pagi "golden sunrise Bromo" dari jalur Lumajang. Dari puncaknya, Explorer bisa menyaksikan 5 gunung populer di Jawa Timur lainnya selain gunung Bromo, Semeru, Arjuno & Welirang, Argopura dan gunung Raung.
open trip bromo puncak B29/P30 dan tumpak sewu

Raungan Mesin Motor Ojeg Puncak B29/P30 Gunung Bromo

Raungan bising knalpot dan mesin puluhan sepeda motor memecah kesunyian pagi buta di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Subuh itu, rombongan ojek motor yang membawa sekitar 30 pengunjung berpacu menuju Bukit 29 atau puncak B29, untuk mengejar matahari terbit.
Begitu sampai di gerbang Bukit 29, satu per satu motor berhenti dan diparkir di sana. Para pengunjung kemudian mendaki sekitar 100 meter ke puncak bukit yang sudah terlihat di depan mata.
Medan yang ditempuh cukup menantang, yaitu melewati jalanan aspal, paving block, dan tanah dengan kemiringan 10 hingga 40 derajat serta beberapa tikungan tajam khas wilayah pegunungan. Di kanan kiri jalanan desa yang lebarnya bervariasi antara satu hingga tiga meter itu adalah ladang sayuran milik warga suku Tengger.

Dari Puncak B29, Semua Sisi Tampak Lebih Menarik

puncak B29 berbentuk dataran tinggi hampir seluas lapangan sepak bola. Setiap sisi menawarkan pemandangan menarik. Di depan atau sebelah barat Bukit 29 terlihat perbukitan sabana atau populer dengan sebutan Bukit Teletubies, Gunung Bromo, dan Gunung Batok.

Di sisi timur atau arah matahari terbit terlihat Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro. Sementara di sisi kiri atau selatan tampak Gunung Semeru, puncak tertinggi (3.676 mdpl) di Pulau Jawa. Adapun di sisi utara terlihat Gunung Arjuno dan Welirang.

Tak mengherankan, bila semua sudut pemandangan di Bukit 29 adalah lokasi selfie atau swafoto. Para pengunjung, baik muda-mudi maupun dewasa, seolah tak ingin kehilangan momen mengabadikan pesona B29 dengan berfoto bersama ataupun swafoto. Ada yang menggunakan fasilitas kamera di telepon seluler atau ponsel. Ada pula yang memakai kamera foto.

Rute Perjalanan Menuju Puncak B29 / P30 dan Coban Sewu

Puncak B29 dan P30, Negeri Diatas Awan Gunung Bromo
4.9 (99.85%) 3535 votes
open trip gili labak madura

Posting Komentar