Selasa, 08 Agustus 2023

Puncak Pananjakan 1: The Famous of Bromo Sunrise

puncak Pananjakan 1 sunrise gunung Bromo

Pananjakan 1 2.770 mdpl, adalah bagian utama dari aktivitas hunting Sunrise di Gunung Bromo. Pananjakan 1 sebagai titik tertinggi di Gunung Pananjakan untuk aktivitas melihat matahari terbit di Gunung Bromo, disebut juga sebagai Pananjakan 1 untuk membedakan dengan spot Seruni Point yang juga berada di lereng gunung Pananjakan.

Pananjakan 1, adalah spot paling populer untuk The Golden Sunrise of Bromo. Berada di arah barat daya gunung Bromo dan pada ketinggian 2.774 mdpl, puncak tertinggi untuk melihat gugusan gunung-gunung di sekitar area Bromo

Pananjakan 1 termasuk spot yang paling terkenal dan populer di kalangan explorer dan pemburu sunrise Gunung Bromo, kebanyakan hasil dokumentasi pemandangan pagi Bromo dengan latar belakang gunung-gunung eksotis disekitarnya dan telah tersebar meluas diambil dari spot Pananjakan 1.

Sangatlah wajar spot sunrise Pananjakan 1 ini menyandang gelar The Famous of Bromo Sunrise, bisa jadi foto Gunung Bromo yang dipajang di sampul depan Lonely Planet Indonesia selama bertahun-tahun ini diambil gambarnya dari puncak pertama di lereng gunung Pananjakan ini.

puncak sunrise bromo di pananjakan 1

Spot Sunrise Pananjakan 1 Gunung Bromo

Ketinggian Lokasi: 2.770 mdpl
Wilayah Administrasi: : Wonokitri, Pasuruan
Tiket Masuk: tidak ada
Suhu Extrem: 3-5° Celcius

Parkir Kendaraan: tersedia terbatas dan padat, Motor Rp. 10.000
Toilet; tersedia, berbayar Rp. 5.000
Musholla: tersedia

Persewaan: Jaket, Selimut dan Tikar
Warung Makanan: kedai kopi/teh hangat dan makanan ringan
Souvenir: toko oleh oleh syal, sarung tangan, kupluk
Ojeg Motor: Tarif Rp. 10.000 dari Parkir ke Tangga

Sunrise Bromo dari Pananjakan

Pananjakan View Point 1. Bagian Utama Tour Bromo

Pananjakan 1 selalu menjadi bagian utama dalam alur perjalanan atau itinerary bagi semua wisatawan yang datang dan berkunjung ke gunung Bromo, apalagi kalo bukan untuk mengejar matahari terbit dari puncaknya.

Saking fenomenalnya puncak Pananjakan ini bagi wisatawan lokal atau internasional. Foto pemandangan dalam kalender atau sosial media tentang gunung Bromo dan sunrise, sebagian besar dijepret dari lokasi ini, Pananjakan View Point 1.

Menuju Puncak Pananjakan - View Point 1 Bromo

Bisa ditempuh melalui 3 jalur, Pasuruan, Tosari dan juga Purwodadi. Jalur menuju view point 1 ini juga banyak dilalui pengunjung bila anda menginap di hotel di kawasan Pasuruan dan di sekitarnya.

Khusus dari Malang atau Batu, menuju Pananjakan melalui jalur Tumpang - Gubugklakah - Ngadas - Bromo. Dan jika berangkat dari Probolinggo pintu masuk melalui Cemoro Lawang

Sunrise Bromo

Rute Selengkapnya Menuju Pananjakan

  • Rute dari Malang Melalui Tumpang – Ngadas - Lautan Pasir – Puncak Penanjakan 
  • Rute dari Probolinggo melalui Cemara Lawang Sukapura – Lautan Pasir – Puncak Penanjakan.
  • Rute dari Pasuruan melalui Tosari dan Purwodadi – puncak Penanjakan 
TIPS: Kendaraan yang bisa akses menuju lokasi ini sebaiknya menggunakan Jeep Bromo. Mengingat jalan terjal dan licin serta berpasir.
wisata banyuwangi kawah ijen dan baluran

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Wisata Gunung Bromo | info@explorebromo.com | support by GO.WEB