Senin, 14 September 2020

5 Obyek Wisata Bromo Yang Populer Setelah Dibuka Kembali

spot wisata gunung bromo pasca pandemi 5 Obyek Wisata Gunung Bromo, selain Kawah Gunung Bromo yang hingga saat ini masih belum bisa dikunjungi lebih dekat dari radius 1 km. Masih ada obyek-obyek lainnya di Bromo yang secara resmi telah dibuka dan diijinkan untuk pengunjung. Bahkan dari hasil evaluasi pelaksanaan Reaktivasi Kawasan Wisata Gunung Bromo, telah menunjukkan hasil yang baik sehingga mengalami peningkatan kuota dari 20% menjadi 40% dengan total 1.265 pengunjung perhari yang tersebar dalam 5 site wilayah wisata Bromo.
Adaptasi baru di kawasan wisata gunung Bromo, selain menerapkan standart operasi dan prosedur yang ketat kepada pengunjung dalam hal saling menjaga kesehatan bersama. Juga membatasi jumlah pengunjung harian melalui 5 site kawasan wisata Bromo, Site Pananjakan, Bukit Cinta, Bukit Kedaluh, Savana Teletubbies dan site Mentigen. 

Masa New Normal atau era adaptasi kebiasaan baru ini, Kawasan wisata gunung Bromo juga telah menetapkan beberapa hal baru untuk pengunjung guna mencegah penularan wabah COVID-19 ini lebih luas lagi dari kawasan wisata gunung Bromo. 

BACA JUGA: Panduan Pemesanan Tiket Online Kawasan Wisata Bromo

puncak pananjakan kawasan wisata gunung bromo

1# Site Pananjakan Bromo

Bromo dan Sunrise, dua hal yang menjadi alasan dikejar para pelancong. Tidakkan terpisah antara keduanya sebagai salah satu terbaik di Indonesia untuk diburu gambarnya, The Golden Sunrise Bromo. Dan sudut terbaik untuk membidiknya sekaligus yang paling populer adalah di Puncak Gunung Pananjakan.

Jika yang dimaksud lokasi terbaik melihat sunrise di gunung Bromo, pastilah itu untuk Puncak Gunung Pananjakan 1; The Famous of Sunrise. Berada di ketinggian 2.744 mdpl arah barat daya gunung Bromo. Lokasinya berupa tribun 10 tingkat berbentuk lingkaran, pastinya menghadap ke arah timur menuju terbitnya matahari.

Pananjakan 1, memiliki fasilitas paling lengkap mulai fasilitas mushalla, toilet, parkir Jeep Bromo atau kendaraan juga warung dan kios penjaja makanan. 

Disebut dengan Pananjakan 1, karena saat ini ada yang yang kedua atau sering disebut dengan Seruni View Point (2.430 mdpl). Spot sunrise alternatif jika Pananjakan terlalu penuh oleh pengunjung. Catatan penting untuk menuju lokasi ini adalah harus rela bangun pagi demi untuk fenomena alam di hari pertama di gunung Bromo.

KAPASITAS PELANCONG: Tahap 1: 178 wisatawan | Tahap 2: 250 wisatawan

BACA JUGA: Jumlah Kuota Pengunjung Harian di Gunung Bromo

bukit teletubbies

2# Site Savana Teletubbies Bromo

Padang sabana Teletubbies akan terlihat paling cantik saat menghijau atau awal musim kemarau, seluruh bukit ini serasa dilapasi permadani hijau. Pemandangan yang tampak beda jika kamu datang saat musim kemarau, keduanya adalah tampilan terbaik selain lautan pasir di gunung Bromo.

Di gunung Bromo, masing-masing site atau lokasi punya popularitasnya sendiri bagi para wisatawan. Jika Pananjakan dikejar untuk pemandangan paginya, Bukit Teletubbies diburu sebagai spot selfie. 

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 347 wisatawan | Tahap 2: 694 wisatawan

BACA JUGA: Patuhi Aturan-Aturan Ini Selama Wisata di Gunung Bromo

bukit kingkong bromo

3# Site Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong Bromo

Masih seputar bahasan spot sunrise di gunung Bromo, adalah di Bukit Kedaluh untuk nama lokalnya. Nama Kingkong disematkan karena bentuk bukit yang jika diperhatikan lebih seksama mirip dengan muka Kingkong. Yang jelas tidak akan pernah ada Kingkong yang sebenarnya disini.

Kedaluh, sebutan masyarakat Tengger untuk bukit ini berasal dari bahasa sansekerta yang berarti pengharapan akan kesuburan tanah wilayah Tengger.

Selain dari view point yang telah disediakan, Anda juga bisa menelusuri jalur trekking sejauh kurang lebih 50 meter untuk mendapatkan angle yang lebih keren. Salah satu sisi puncak bukit langsung menghadap ke Gunung Batok, Kawah Bromo, dan Lautan Pasir, tambahan bonus pemandangan pagi tercantik di Gunung Bromo.

Lokasi Bukit Kedaluh berbentuk tanah lapang di atas bukit yang dibatasi pagar beton. Bukit Kingkong atau Kedaluh ini bisa menjadi alternatifmu bila Puncak Pananjakan sudah ramai.

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 86 wisatawan | Tahap 2: 129 wisatawan

4# Site Bukit Cinta Bromo

Lokasi kedua dari jalur Pasuruan ialah Bukit Cinta, bukit dengan ketinggian 2.680 mdpl. Lokasi ini cukup populer karena namanya. Terdapat tembok besar bertuliskan Love Hill Bromo Tengger sebagai penanda sekaligus tempat berfoto. 

Dari sini wisatawan sudah bisa melihat Kaldera Tengger, yaitu Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren. Dari sini pula Anda bisa melihat gagahnya puncak tertinggi di Pulau Jawa, Puncak Mahameru. 

Mengutip dari papan informasi TNBTS, Suku Tengger menyebut lokasi ini dengan Lemah Pasar yang nama aslinya Pasar Agung. Ini adalah tempat digelarnya Upacara Adat.

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 28 wisatawan | Tahap 2: 42 wisatawan

site mentigen

5# Site Mentigen Bromo

Lokasi berikutnya adalah Site Mentigen atau Bukit Mentigen. Lokasinya berada di Lawang Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisatawan yang tiba di tempat ini akan takjub dengan pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok yang terlihat jelas.

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 100 wisatawan | Tahap 2: 150 wisatawan

open trip gili labak madura

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Golden Sunrise Bromo | info@explorebromo.com | support by GO.WEB